24.11.08

guru selalu benar (?)

tadi di kelas, pas pelajaran matematika terjadi sebuah insiden.

guru mtk gue emang ngeselin sih. kalo ngajar tuh sambil bercanda-bercanda ngeselin gitu. jadinya anak-anak pada ga konsen. jadi tadi setengah jam matematika udah abis. padahal kita mau ngebahas soal. bukannya langsung ngebahas, dia malah ngomong ga jelas dulu.

guru mtk : yang ngasih pertanyaan dapet nilai, apalagi yang jawab. kalo yang nonton doang mah ga dapet.
puput : kalo nonton sambil mikir?
guru mtk : mana ada nonton sambil mikir? yang ada bengong!
puput : tapi orang bengong sama mikir kan tatapan matanya beda pak!
guru mtk : beda gimana?
puput : beda! kalo bengong kan tatapannya kosong!
guru mtk : ngga ada itu buat bapak! sama aja!
puput : ada pak! siapa tau dia mikir, dia bisa tapi ga mau maju, ato udah keduluan!
guru mtk : mana ada! buat bapak yang ada itu namanya nonton!

yah, guru selalu benar. ikutin aja deh.

terus, si guru itu di tengah-tengah ngajar malah mulai ngoceh-ngoceh nggak jelas lagi. ah, gue yakin anak-anak sekelas juga males denger ocehannya dia. tapi dia terus ngoceh. mending ocehannya makna. ini sama sekali ngga ada hubungannya sama pelajaran! bercandaan jayus ngga lucu. okelah bercanda, tapi tau tempatnya dong? sampe akhirnya...

iponk : lanjut pak!
guru mtk : apa maksud kamu? kamu ngeledek bapak? bapak ngerasa tersinggung tau!
iponk : saya ngga ngeledek. saya cuma mengingatkan.
guru mtk : tapi saya ngga suka digituin! saya ngerasa tersinggung.
iponk : ya saya kan bilangin doang biar lanjut pelajarannya!
guru mtk : udah diem aja lu. gua tabok lu!
iponk : ya saya kan cuma bilangin!
guru mtk : saya tersinggung ini! keluar kamu!
iponk : saya nggak mau keluar! saya salah apa? saya kan ngebilangin doang!
guru mtk : biarin! nilai sikap kamu nanti di rapot jelek!

gue sama anak-anak cuma bisa menatap iponk dengan tatapan 'yang-sabar-ya-ponk'.

dan sekali lagi, guru selalu benar dan murid ngga bisa membantah atau walau pun hanya sekedar mengingatkan.

No comments:

Post a Comment