18.11.08

kelas XII dan tugas

gue selalu mikir, kapan ya gue lulus dari SMA? gilaa...gue ga sabar banget pengen kuliah. gue ngebayangin gue nanti jadi mahasiswa UI. Kyaaa~~! keren banget pasti! X)
akhir-akhir ini gue semakin dipusingkan dengan tugas-tugas yang makin numpuk aja seiring berjalannya waktu. padahal gue udah kelas XII, yang mana bentar lagi bakalan mengahadapi Ujian nasional. harusnya banyak-banyak latihan soal dong, bukannya cuma tugas-tugas cari di internet-edit-print-serahin ke guru. ga guna abis! padahal waktu kelas XI, tugas nggak sebanyak ini. sekarang hampir tiap hari gue duduk di depan komputer, berusaha keras nyelesain semua tugas yang dikasih sama guru-guru di sekolah.
guru bahasa inggris gue pernah ngomong gini :
"ada 72 tagihan nilai kalian yang harus saya masukin ke SAS. coba kamu bayangin, banyak banget kan? saya jadi ngerasa kaya debt collector nagihin nilai kalian. tapi itu bukan mau saya. kita hanya mengikuti sistem yang dijalankan pemerintah. kita nggak bisa protes. jadi kita semua adalah korban dari percobaan-percobaan sistem pendidikan."
gue sempet shock denger kata '72 tagihan'. gila! nilai semua tuh 72 tagihan? gimana cara ngambil nilainya kalo sampe 72 tagihan?
tolong ya bapak dan ibu guru, yang kita butuhin itu penjelasan terperinci dari materi dan latihan soal untuk UN dan SNMPTN, bukan cuma tugas-tugas yang numpuk itu! itu sih menurut gue cuma buat lengkap-lengkapin nilai, tapi belum tentu anak-anak ngerti apa yang dibahas dalam tugas itu. bisa aja mereka cuma copy-paste kan?
mungkin juga sekarang gue udah harus ganti lensa kacamata. siapa tau mata gue nambah minusnya gara-gara keseringan duduk depan komputer?

No comments:

Post a Comment