24.6.09

jelajah sejarah

gue sangat, sangat suka mempelajari sejarah. sejarah indonesia, sejarah jepang, sejarah dunia, sejarah eropa. pokoknya gue suka. tapi gue ngga suka sejarah yang prasejarah sama kerajaan gitu. pusing bacanya. hahaha.

catatan : hanya suka mempelajari, bukan suka mengerjakan soal sejarah. haha.

sejarah itu kan cerita, dan gue sangat suka membaca atau mendengarkan cerita. bagi gue, sejarah lebih menarik dibandingkan shopping. kalo tiba-tiba gue ditawarin baju merek desainer terkenal seharga Rp 450.000 atau buku sejarah batavia dengan harga yang sama, sudah jelas gue bakal memilih buku sejarah batavia. bukannya mau sok pinter atau gimana-gimana, tapi ya emang gue suka banget sama sejarah batavia!

kemaren gue abis dari kota tua sama ratnya dan roi. sebenernya bukan sesuatu yang baru buat gue, karena kota tua itu salah satu tempat favorit gue dan.. yah, terlalu banyak kenangan disana (apa banget dah). tapi kali ini lebih membuat gue puas. kenapa? karena gue pergi bersama ratnya yang termasuk salah satu anak yang suka sejarah juga.

kalo dulu-dulu gue pergi ke kota tua bareng temen-temen gue yang cuma tau "oh, kota tua. keren buat foto. keren buat syuting. museum fatahillah." atau sama tante gue yang emang suka fotografi. gue ngga ada temen buat bilang, "ya ampuuun!! ini foto harmonie pas jaman dulu!!" atau "oh! ini kan gubernur batavia yang korupnya paling gede." atau "ini patung aslinya di jembatan harmoni lho!"

ya, kemaren gue punya temen untuk berdiskusi mengenai hal itu. roi? dia mah diem aja. hahaha.

pas gue lagi masuk ke ruangan prasasti, tiba-tiba ada tiga orang anak SMA yang masih pake seragam lagi foto-foto dan itu menghalangi jalan. yaaah.. terpaksa gue, ratnya dan roi nunggu dia selesai foto. dan.. demii... MEREKA PAKE KACAMATA ITEM!! tau kan kacamata retro gitu? tapi ini yang harganya paling cebanan, terus warna lensanya ungu gitu. seragam SMA + kacamata item = gahul abis. pas yang difoto itu selesai bergaya, tau-tau yang moto (kita sebut dia si cewek bawel)langsung bilang "gue dong sekarang!". udah tuh dia ambil pose. eh tau-tau si cewek bawel bilang, "bentar, bentar! kacamatanya dong! gue kan juga mau gaya pake kacamata!"

gue sama ratnya pandang-pandangan. gahul abis anak ini. udah gitu lamaaa banget, kan orang jadi kesel ye. mana si roi lewat disampingnya, si cewek bawel malah, "ck! ulang ulang!" wtf! emang ini museum punya laki lo apa?! udah gitu di ruangan selanjutnya yang memamerkan koleksi tentang portugis, mereka foto lagi sampe naek-naek ke salah satu koleksi yang di tengah ruangan! aduh, parah banget sih. yang kaya gini nih yang bikin isi museum jadi jelek.

yang lebih parah lagi pas di lantai atas kan banyak perabot, terus ada meja yang diameternya gede banget. gue sama ratnya mendiskusikan meja itu, soalnya kata tour guide pas gue kesini sama tante gue, itu bukan sambungan, tapi beneran diameter kayunya segitu! eh, tiba-tiba ada mbak-mbak berbadan besar LONCAT KEATAS MEJA ITU!! ah, demi. loncat mau duduk gitu. tau-tau mejanya bunyi 'KREK' gitu. parah banget dan mereka malah ketawa-tawa kaya ngga ada dosa, sementara gue sama ratnya miris banget ngeliatnya. mana pas di penjara bawahnya, itu banyak banget coret-coretan. aduh, sayang banget. alay banget sih yang nyoret-nyoret?! ngga menghargai sejarah banget!!

abis itu kita jalan-jalan ke toko merah yang ada si seberang jalannya kawasan museum fatahillah. sebenernya udah lama banget gue pengen ke situ. sayang aja yang dulu-dulu pergi sama gue pada ngga mau. akhirnya pas gue ngajak ratnya, dengan mata berbinar-binar ratnya langsung bilang "AYO!!" wahahahaha! akhirnya gue ke toko merah juga! senangnyaaaa!!!



itu toko merah diliat dari seberang jalan kalibesar. keren yaaa.. sayang gue kurang profesional motretnya. tapi tapi sayang banget ya gedung sekeren itu kacanya malah pecah-pecah gitu. padahal katanya itu cagar budaya lho. tapi malah kaya ngga kerawat gitu. sayang bangetan!!



abis itu kita balik ke kawasan fatahillah, main ontel sebentar, terus yang ngga boleh ketinggalan kalo ke kota adalaaaaah.. ES POTONG!! YUMMMEEE!!! XDD

sebenernya kita masih mau ke jembatan kota intan, museum bahari, menara syahbandar sama sunda kelapa. sayang seribu sayang, roi harus quantum. ah, nih anak ngga bilang dari tadi kalo mau quantum!!

pesan saya : jagalah kelestarian cagar budaya dan sejarah negara kita! sejarah negara kita itu bagus lho!! yah, walaupun mungkin di beberapa bagian masih ada yang belum clear juga sih. hahaha.

No comments:

Post a Comment