2.12.10

saya dan kantor imigrasi

humm... hai!

di postingan ini saya cuma mau membagi pengalaman (bodoh) saya ketika membuat paspor, agar kalian yang mau membuat paspor tidak mengalami kejadian super bodoh seperti saya. hehehehe

hari ini, saya pergi ke kantor imigrasi jakarta selatan dalam rangka membuat paspor demi bertemu abang-abang ganteng (baca : SUPER JUNIOR) di negara tetangga januari tahun depan. saya pergi sendirian. dan karena kota bekasi kita tercinta ini kantor imigrasinya ada di karawang (hell yeah, too far from my house) jadilah saya berniat membuat paspor di kantor imigrasi Jakarta Selatan yang kata papa saya terletak di daerah mampang.

oke, saya pergi kesana jam 6 pagi. sialnya, saya terjebak macet di jalan tol arah jakarta. DIJALAN TOL SAUDARA-SAUDARA! jadi apa gunanya jalan bebas hambatan tersebut? ehem, kembali ke topik awal. akhirnya saya baru sampai di daerah mampang sekitar jam 8 pagi dan celingak celinguk mencari kantor imigrasinya. karena ngga ketemu juga, saya memutuskan untuk bertanya pada abang ojek yang ada disitu dan ternyata oh ternyata... KANTORNYA PINDAH KE LEBAK BULUS!!!!

karena saya sudah terlanjur pergi, saya pun memutuskan untuk lanjut ke lebak bulus naik kopaja P20. bodohnya saya, saya ngga tau kalo kopaja itu masuk tol dan YAK! KANTOR IMIGRASINYA KELEWATAN DONG!!!! akhirnya saya turun di poin square dan JALAN KAKI ke kantor imigrasi jakarta selatan. dan sampai disana, udah penuh banget. saya dapet nomor urut 505.

hell yeah!

pelajaran nomor 1 : pastikan dulu apakah kantor imigrasinya udah pindah apa belom. menurut orang-orang yang penting datang jam 7. tapi menurut saya yang paling penting adalah pastikan dimana letak pasti kantor imigrasinya! yah, dateng pagi juga penting sih.

oke, akhirnya saya duduk dengan manis menunggu nomor saya dipanggil. disamping kanan saya ada mbak-mbak kantoran yang sibuk dengan BB-nya, sementara disamping kiri saya ada tante-tante gaul beserta suaminya. entah kenapa mendadak saya jadi ngobrol dengan si tante. salah satu cuplikannya :

tante gaul : iya dek, jadi tante itu dua bulan sekali liburan keluar negeri sama group tante.
saya : ooohh iya tante?
tante gaul : iya, ibaratnya kaya geng tante gitu deh. biasa, ibu-ibu nganggur, jadi acaranya jalan-jalan aja.
saya : ....................................
tante gaul : kemaren itu pas tante mau pesen tiket ke malaysia, tante baru sadar kalo masa berlaku paspor tante udah abis. jadi tante mau perpanjang deh sekarang. baru sempet nih, abisnya kemaren show mulu.
saya : wah, show apaan tante?
tante gaul : iya, tante kan punya bisnis underwear gitu deh.
saya : .............. oh, gitu tante. hahahaha *ketawa garing*

and so on... si tante itu cerita tentang pengalamannya ke paris, ke hongkong, ke belgia dan lain-lain.

akhirnya saya memutuskan untuk ngobrol dengan mbak-mbak disebelah kanan saya. dia udah ngga sibuk dengan BB-nya. ternyata dia dapet nomor 350 dan sebentar lagi adalah gilirannya untuk maju ke loket menyerahkan berkas. mendadak dia nyolek saya dan bilang "mbak pake nomor ini aja..."

o-em-ji. dia ngasih saya nomor tunggu 399! jadi ternyata dia dikasih nomor tunggu 350 itu dari ibu-ibu lain, sementara nomor aslinya dia adalah 399 dan dia kasih ke saya. uooohhh!! much better than 505!

pelajaran nomor dua : bawa sesuatu yang bisa menghilangkan rasa bosan ketika menunggu! misalnya PSP, buku bacaan atau music player. ajak ngobrol orang disebelah anda. siapa tau dia baik seperti mbak-mbak yang ngasih saya nomor tunggu 399.

akhirnya setelah kurang lebih lima jam saya menunggu, datang juga giliran saya untuk menyerahkan berkas yang isinya fotokopi KK, KTP dan akte kelahiran. yang menerima berkas saya adalah seorang mas-mas yang masih kelihatan muda. berkas saya di cek, dan ternyata saya kurang fotokopi KTM. akhirnya saya fotokopi dulu. setelah balik, saya pun mulai mengoceh .

saya : mas, kata temen saya nama di paspor harus 3 kata ya?
mas-mas loket : oh itu kalo mau naik haji atau umroh doang.
saya : ooohh gitu.
mas-mas loket : *ngangkat fotokopi akte* misalnya ini....
saya : *ngeliatin akte, terus heran*.... mas, kok itu aktenya namanya gita siswari ya?
mas-mas loket : nah, itu dia. saya baru mau nanya.
saya : ASTAGFIRULLAH MAS!!! ITU AKTE ADEK SAYAAAAA!!!! SAYA SALAH NGASIH FOTOKOPIAN!!

yessss.. saya salah bawa fotokopian. akhirnya saya lari lagi ke tukang fotokopi buat memotokopi akte saya yang sebenarnya.

pelajaran nomor tiga : perhatikan lagi berkas anda dengan teliti! jangan sampai anda memasukkan fotokopi akte kelahiran adik anda kedalam berkas!

setelah semuanya lengkap dan si mas-mas loket mengecek ulang, seperti biasa mulut iseng saya mulai bertingkah.

saya : mas, saya pegel nih.
mas-mas loket : pegel kenapa mbak?
saya : sebenernya dari tadi saya jinjit loh mas, soalnya ngga sampe nih. besok-besok bikin loket jangan tinggi-tinggi dong mas!

pelajaran nomor empat : bagi anda yang pendek, gunakanlah high heels atau shoe lift agar tidak perlu jinjit seperti saya!

dan akhirnya berkas saya sudah di terima dan tanggal 6 saya harus balik lagi buat foto dan wawancara, abis itu dua hari kemudian baru deh jadi paspor saya! cikiciwwwww!!!

mohon maaf apabila postingan ini SANGAT SANGAT RANDOM dan ngga penting. yang penting jangan sampe kalian masukin akte adik kalian ke dalam berkas ya.

JAA MATA NEEE~ :3

2 comments: